author photo
Manfaat Gliserin Untuk Wajah sudah bisa anda rasakan meski tidak sadar sedang menggunakannya. Sebab bahan ini memang sudah umum dijadikan bahan pembuatan kosmetik khsusnya pada kategori pelembab. Jadi anda harusnya tahu bahwa pelembab tersebut mempunyai komposisi yang juga berasal dari gliserin. Namun yang menjadi pertanyaan inti disini adalah : Apa saja kegunaan dan khasiat gliserin bagi wajah? Tentunya untuk menjawab pertanyaan tersebut kami sudah merangkum berbagai informasi dari beberapa sumber yang menjadi referensi terkait dengan fungsi gliserin untuk kulit wajah. Mengenai rinciannya silahkan simak rangkuman dibawah ini!


Manfaat Gliserin tergolong unik dan cukup ampuh untuk mengatasi masalah kulit kering ataupun mengelupas. Gliserin (Glycerine) merupakan cairan kental tidak berwana (bening) namun bisa dirasakan dengan kulit serta mempunyai sedikit manis ketika dicicipi. Sepintas anda tidak mungkin berpikir bahwa benda cair kental ini mempunyai fungsi yang signifikan bagi dunia kecantikan. Namun jika melihat dari banyaknya testi dan berbagai produk yang mengandalkannya. Pasti anda akan berpikir ulang dan mencari informasi yang lebih lengkat tentang gliserin.

11 Manfaat Gliserin Untuk Wajah

Memang pada dasarnya bahan kental ini diformulasikan sebagai bahan racikan khusus dalam pembuatan obat, beberapa jenis makanan, pembuatan sabun, serta produk-produk kecantikan yang sudah beredar di pasaran. Kesemuanya mempunyai peranan penting untuk merawat dan menjaga kesehatan kulit secara maksimal. Kenapa begitu banyak manfaat yang bisa diperoleh dari gliserin? Tentunya anda harus baca sampai tuntas artikel yang sudah kami buat ini.

Cairan kental gliserin menjadi sangat populer ketika kemampuan dalam menyerap air dan bisa mengunci kelembapan kulit diketahui oleh khalayak ramai. Oleh karena itu sangat tidak heran pula jika para Produsen kosmetik khususnya sabun menggunakan bahan ini sebagai salah satu bahan pokok untuk pembuatan produknya. Dan dengan adanya gliserin ini pula bahwa produk sabun, lotion, dan produk lainnya menjadi lebih mahal dibanding dengan produk yang tidak menggunakannya. Kenapa demikian? Sebab selain proses pembuatan yang rumit, gliserin mempunyai bahan dasar yang lebih mahal ketimbang bahan lain yang bisa dijadikan alternatif.

Apa saja manfaat gliserin? Jika dilihat dalam kehidupan sehari-hari, cairan kental ini bisa difungsikan sebagai pelengkap jenis makanan dan minuman. Sedangkan peranan lainnya ialah sebagai bahan pembuatan produk kecantikan seperti kosmetik dan lain sebagainya. Untuk lebih lengpanya, silahkan simak rangkuman berikut!

5 Manfaat Gliserin Untuk Makanan Dan Minuman

1. Sebagai Pelarut Rasa
Biasanya pelarut ini sering dipakai pada vanili dan juga pewarna makanan. Jadi rasa yang terdapat pada makanan yang anda konsumsi lebih terasa dan lebih merata. Terkadang bahan seperti ini hanya sebagai pelengkap saja.

2. Untuk Melembutkan Makanan
Tekstur lembut pada makanan akan menambah cita rasa serta menggugah ketika anda mengkonsumsinya. Jenis makanan yang terkadang menggunakan gliserin ialah kue, permen, penutup daging dan juga pembuatan keju.

3. Berfungsi Untuk Humefektan
Manfaat humefektan ini ialah untuk pemanis tambahan serta pelarut dan juga cukup baik dalam membantu untuk mengawetkan jenis makanan tertentu. Sangat cocok digunakan untuk makanan yang ingin anda awetkan.

4. Sebagai Ester Poligliserol
Biasanya manfaat ini sering diterapkan pada produk-produk tertentu. Dan yang paling umum ialah pembuatan produk khususnya dalam kategori margarin dan shortening.

5. Sebagai Filter Rendah Lemak
Untuk pemanfaat sebagai filter atau penyaring, bisanya gliserin dipakai pada produk cemilan, rokok dan juga pengemulsi makanan.

6 Manfaat Gliserin Untuk Produk Kecantikan (Kosmetik)

1. Menunda Penuaan Dini
Dalam hal ini gliserin bisa dimanfaatkan sebagai penghambat datangnya proses penuaan pada kulit. Terkait pula untuk pencegahan keriput, munculnya garis halus, munculnya kerutan, dan lain sebagainya.

2. Mengangkat Kotoran Pada Wajah
Gliserin berfungsi sebagai pembersih yang sangat cocok untuk mengangkat kotoran berupa debu, sisa bedak, dan juga polusi. Tidak terkecuali juga untuk mengangkat sel kulit mati yang masih menempel pada kulit.

3. Menjaga Elastisitas Kulit
Sebenarnya gliserin cocok untuk pelembab yang pada akhirnya bisa menjadikan kulit tidak kering, tetap kenyal dan lebih elastis. Dengan begitu kulit khususnya wajah anda akan tetap terlihat lebih cantik dan awet muda.

4. Mengatasi Bibir Pecah-pecah
Jika anda kekurangan cairan atau sedang mengalami panas dalam. Tentunya dampak yang dirasakan bisa berimbas pada bibir kering dan mengelupas. Untuk meringankan gejala tersebut, mungkin gliserin merupakan salah satu alternatif yang bisa anda ambil.


5. Mengurangi Jerawat Pada Wajah
Masalah umum bisa dialami oleh siapa saja. Tidak menutup kemungkinan bagi kalangan remaja pria maupun wanita yang terkadang mengeluh akan adanya jerawat pada wajah. Meski banyak alternatif yang bisa anda ambil, namun tidak semuanya bagus dan memberikan hasil seperti yang diharapkan.

6. Mencegah Kulit Kering
Tidak hanya untuk pencegahan kulit kering saja. Gliserin juga ikut andil dalam mengurangi dampak yang disebabkan oleh eksim dan prosiasis serta gangguan kulit lainnya.

Meski sudah terjawab dengan rincian diatas, namun tidak sedikit pula yang masih bertanya akan manfaat yang bisa diperoleh ketika menggunakan gliserin. Dan pertanyaan tersebut tidak luput dari kulit wajah yang pada dasarnya merupakan anggota tubuh yang paling sering terlihat. Maka dari itu, guna menjawab rasa penasaran anda. Berikut daftar singkat terkait dengan kegunaan gliserin untuk wajah. Simak baik-baik ya..!!!

11 Manfaat Gliserin Untuk Wajah

1. Menjaga Kelembapan Kulit
Gliserin sangat baik untuk menjaga kelembapan pada kulit sehingga mungkin terbilang cocok digunakan bagi anda yang mempunyai masalah mengenai kulit kering (dehidrasi). Humefektan yang terdapat pada gliserin berfungsi untuk merawat serta mengembalikan kelembapan kulit khususnya wajah secara merata.

2. Menjaga Kulit Tetap Lembut
Dalam hal ini gliserin terbilang sangat ampuh untuk menjaga kulit anda tetap halus dan tercegah dari proses pengelupasan karena sel kulit yang menua. Terlebih lagi bahan ini akan menstabilkan elastisitas serta mencegah kulit bersisik.

3. Mengatasi Berbagai Masalah Kulit
Masalah yang dimaksud ialah tentang gangguan yang disebabkan oleh bakteri yang terdapat pada kulit. Jadi selain untuk merawat, gliserin juga bisa mencegah terjadinya infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang dimaksud.

4. Menyamarkan Noda Flek Hitam Wajah
Flek atau noda hitam yang ditinggalkan jerawat menjadi salah satu masalah yang paling umum dialami oleh semua orang. Bekas ini membentuk bintik dan sangat mencolok dengan warna hitam sehingga mengurangi rasa percaya diri terhadap penampilan. Nah disini gliserin berfungsi sebagai peredam dan menjadikan bintik hitam pada wajah tersebut tersamarkan.

5. Melindungi Kulit Dari UVA dan UVB
Sinar atau paparan sinar matahari secara langsung akan mengakibatkan kulit terbakar dan berubah warna. Jika secara terus-menerus, maka kulit anda akan rusak dan bahkan akan sering mengalami pengelupasan. Gliserin bisa dijadikan proteksi tambahan bagi kulit untuk mencegah kerusakan yang disebabkan oleh UVA dan UVB pada matahari.

6. Membersihkan Kotoran Pada Wajah
Wajah merupakan area kulit yang paling mudah terpapar polusi, debu, atau bahkan sisa kosmetik yang anda gunakan. Jika dibiarkan akan menyebabkan penyumbatan pori sekaligus menjadi salah satu pemicu tumbuhnya jerawat bahkan komedo. Penggunaan gliserin akan menjadikan wajah anda bersih total dan bisa menghindarkan kulit wajah dari tumpukan kotoran.

7. Menunda Proses Penuaan
Gliserin mampu mengatasi berbagai masalah kulit khususnya untuk memperlambat proses penuaan. Manfaat ini terkait untuk menyamarkan garis halus, menghilangkan keriput, serta menunda penuaan dini pada wajah.

8. Mencegah Alergi Kulit
Gliserin sangat aman meski digunakan oleh bayi sekalipun. Karena zat ini bersifat membersihkan sehingga mampu menetralisir racun yang terdapat pada kulit. Selain membuat wajah anda bersih, gliserin juga mampu mencegah terjadinya alergi pada kulit.

9. Membantu Pematangan Sel
Pematangan sel ini ikut andil dalam membantu mengatasi kulit berminyak serta berbagai masalah yang mungkin saja bisa ditimbulkan. Peran ini cukup penting khususnya untuk mengontrol minyak berlebih dan lain sebagainya.

10. Menjadikan Kulit Cerah Merata
Jika anda sadari, terkadang wajah mempunyai belang atau perbedaan warna yang mencolok. Hal tersebut mungkin terjadi karena paparan sinar matahari dan menjadikan wajah anda terlihat kusam. Gliserin akan membuat wajah anda lebih cerah, glowing, dan menyamarkan kulit wajah yang belang.

11. Mengangkat Sel Kulit Mati
Sel kulit yang sudah mati akan menyumbat pori dan terkadang menjadi masalah serius karena bisa memicu tumbuhnya jerawat dan komedo. Sel kulit mati harus dibersihkan secara total guna mencegah kulit bersisik dan tentunya biar wajah anda lebih lembut dan cantik alami.

Seperti yang sudah kami sebutkan diatas, gliserin merupakan salah satu bahan dasar yang digunakan dalam pembuatan produk kosmetik. Dalam hal ini terdapat keuntungan tersendiri sehingga anda tidak perlu repot-repot membuatnya sendiri dirumah. Tapi jika anda penasaran dan ingin mencoba atau bereksperimen, mungkin resep sederhana dibawah ini bisa sedikit membantu!

# Bahan Yang Dibutuhkan :
Sebelum anda membuat racikan, ada beberapa bahan sederhana yang perlu anda persiapkan. Seperti cairan gliserin, madu dan air untuk melarutkan gliserin. Jika sudah tersedia maka bisa dilanjutkan pada proses berikutnya.

# Cara Pembuatan :
Aduk semua bahan dengan cara mencampur air, madu dan cairan gliserin hingga membantu pasta. Usahakan adonan tersebut benar-benar kalis atau tercampur sempurna. Jika sudah mengental (disesuaikan agar nyaman dipakai), maka masker ini siap dipakai.

# Cara Menggunakan :
Bersihkan wajah terlebih dahulu dengan sabun, keringkan dengan handuk dan aplikasikan masker tadi secara merata pada seluruh permukaan wajah. Diamkan sekitar 30 menit barulah wajah bisa dibasuh dengan air dingin. Agar pori bisa menutup sempurna, basuhan terakhir menggunakan air hangat agar wajah anda tetap lembut dan kulit menjadi lebih kencang.

Meski bahan, pembuatan dan cara pakai yang kami sebutkan diatas sangat sederhana. Namun ada pula beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum benar-benar menggunakan masker gliserin pada wajah. Pertama yaitu gliserin harus benar-benar encer (maka dianjurkan ada air dalam komposisi masker). Kedua harus menjaga gliserin agar tidak terlalu lama pada kulit. Sebab kesan lengket yang ditimbulkan bisa membuat debu dan kotoran mudah menempel pada kulit. Jadi diusahakan sesuai dengan anjuran penggunaan. Ketiga harus memperhatikan dosis pemakaian. Jangan berlebih atau menggunakan dengan dosis besar. Terakhir ialah kulit harus benar-benar bersih ketika dilakukan pembilasan. Tujuannya ialah supaya kulit wajah anda tetap sehat.


Demikianlah ulasan singkat yang bisa kami tulis tentang 11 Manfaat Gliserin Untuk Wajah. Semoga bisa membantu dan memberikan sedikit referensi yang memang benar-benar dibutuhkan! Jangan lupa dishare ya! Terima kasih!
Artikel Selanjutnya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *