author photo
Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Pace atau Mengkudu sudah sangat umum pada kalangan masyarakat pedesaan. Sebab ramuan dari buah ini sudah secara turun-temurun digunakan untuk beberapa jenis pengobatan yang salah satunya ialah untuk mengatasi jerawat dan mengurangi radang yang menjadi salah satu gejala umum pada jerawat tersebut. Tentunya kegunaan ini tak luput dari manfaat serta khasiat buah mengkudu yang kandungan didalamnya mendukung adanya kinerja metabolisme menjadi lebih stabil. Bagaimana cara menggunakan buah mengkudu untuk membersihkan jerawat? Mungkin rangkuman yang sudah kami sediakan dibawah ini akan sangat membantu dan mampu menjawab semua pertanyaan yang ingin anda ketahui.


Mengkudu? Siapa sih yang tidak tahu dengan buah yang mempunyai bentuk unik dan mempunyai cita rasa pahit ini. Buah dengan nama latin Morinda Citriflia banyak didapat dan bisa tumbuh dengan baik pada daerah atau keadaan lingkungan yang mempunyai iklim tropis. Tidak terkecuali di Negara kita Indonesia. Jika dipelajari sepintas, pohon atau tanaman mengkudu bisa tumbuh dengan baik pada area perkebunan, pinggiran sungai, danau atau juga pekarangan rumah. Dari akar, daun, bunga dan buahnya mempunyai peranan penting sebagai jamu herbal yang kemampuannya terbilang manjur dalam mengobati berbagai jenis penyakit.


Nah, sebelum anda mengetahui apa saja manfaat dari buah mengkudu, anda tentunya harus paham dulu kandungan yang tersimpan pada buah ini. Dan dilansir dari beberapa sumber, buah mengkudu mempunyai zat-zat aktif alami yang diantaranya : Antioksidan, Protein, Vitamin, Serat dan juga mineral. Selain itu terdapat pula senyawa berupa terpenoid, zat anti-bakteri, anti-kanker, iridoid, metil, asetil, morindone, dan lain sebagainya. Dari kandungan itulah diperoleh jutaan manfaat yang kesemuanya baik untuk kesehatan. Entah itu dikonsumsi (pengobatan dalam) dan juga penggunaan luar untuk kesehatan kulit.

Apa saja khasiat buah mengkudu untuk kesehatan? Dikutip dan beberapa media di internet, buah mengkudu baik untuk segala gangguan kesehatan yang bisa menyerang tubuh. Dari yang paling ringan hingga penyakit yang berat. Manfaat buah mengkudu bagi kesehatan diantaranya : Untuk meredakan sakit kepala, melancarkan sirkulasi darah (penurun hipertensi), melancarkan sistem pencernaan (terkait untuk pencegahan sembelit, wasir, disentri, dll), mengurangi radang pada tubuh (anti-inflamasi), menguatkan sistem imun yang ampuh untuk menjaga daya tahan tubuh, menurunkan kolesterol jahat dalam darah, bersifat anti-bakteri, mencegah pertumbuhan sel kanker atau tumor dalam tubuh, menurunkan asam urat, menyembuhkan penyakit godog, mengontrol kadar gula darah (baik untuk terapi diabetes), mengobati penyakit hepatitis (penyakit kuning), mempercepat penyembuhan luka, menetralkan racun dalam tubuh, menjaga stamina tubuh, meredam rasa sakit atau nyeri, menjaga kepadatan tulang, menjaga kesehatan kulit, dan menurunkan demam secara alami.

Apa saja manfaat mengkudu untuk kecantikan? Jika yang disebutkan kami diatas hanya terkait dengan kesehatan, namun buah ini juga sangat baik untuk merawat tubuh tetap cantik dan elegan secara alami. Apa saja yang termasuk disini? Buah mengkudu cocok untuk mencegah penuaan disini karena didalamnya terdapat vitamin C yang berperan sebagai antioksidan serta mampu menangkal radikal bebas, menjaga kulit tetap halus dan lembut sehingga tidak ada yang namanya kulit berisik dan sejenisnya, serta ampuh untuk mengatasi masalah umum pada wajah yaitu jerawat. Dalam hal ini mengkudu baik untuk mengurangi radang pada jerawat, menyamarkan flek hitam, mengangkat sel kulit mati serta masih banyak lagi yang lainnya.

Tuntaskan Jerawat Pada Wajah Dengan Mengkudu

Berhubung yang kami maksud ialah tentang bagaimana cara menggunakan mengkudu untuk perawatan wajah khususnya menghilangkan jerawat. Tentunya bahasan yang sudah kami tulis diatas hanya sebagai pelengkap saja. Jika anda ingin menerapkan buah mengkudu untuk masker atau scrub wajah, berikut langkah-langkah yang harus anda terapkan!
  • Pertama anda harus menyiapkan terlebih dahulu buah mengkudu yang sudah matang (lembut dan berwarna putih) kemudian dicuci hingga bersih dengan air.
  • Selanjutnya anda bisa mengiris atau memotong kecil buah mengkudu yang sudah dicuci tadi dan dihaluskan dengan cara diblender atau diulek hingga membentuk adonan halus (pasta).
  • Jika terlalu kental, anda bisa juga menambahkan sedikit air (sebenarnya tidak perlu karena buah mengkudu matang sudah mengandung banyak air), tapi bisa juga dubutuhkan ketika anda menggunakan blender.
  • Untuk mendapat tekstur yang sangat lembut (supaya nyaman saat digunakan), maka anda bisa menyaringnya terlebih dahulu sehingga terpisah antara air dan ampas.
  • Air masker anda buat sudah bisa diterapkan atau disimpan terlebih dahulu di lemari pendingin.
Diatas hanya tutorial tentang pembuatan, terus bagaimana cara penerapan? Tenang saja, kali ini kami akan membahas secara tuntas untuk anda disana sehingga bisa melakukan treatment dengan baik dan benar.
  1. Sebelum menggunakan masker mengkudu, ada baiknya jika anda membersihkan wajah terlebih dahulu. Bilas dengan air hangat guna membuka pori dan menjadikan kulit lebih lembut. Fungsinya ialah untuk memaksimalkan penyerapan kulit terhadap masker yang anda terapkan.
  2. Aplikasikan masker mengkudu pada seluruh area wajah khususnya yang terdapat jerawat. Dan usahakan pengolesan dilakukan perlahan dan merata.
  3. Diamkan masker hingga mengering dengan sendirinya atau paling tidak selama 20 menit agar masker mengkudu terserap sempurna oleh kulit.
  4. Proses akhir ialah dengan membilas wajah dengan air hangat agar sisa-sisa masker tarangkat hingga tuntas. Dan dilanjutkan dengan membasuh wajah dengan air dingin supaya pori yang terbuka menutup kembali.
  5. Keringkan wajah dengan handuk halus secara perlahan dan usahakan hingga bersih sepenuhnya.
  6. Agar hasil lebih maksimal, anda bisa menerapkan masker mengkudu ini minimal 1x dalam seminggu. Dan maksimal 2x seminggu agar kelembapan kulit tetap terjaga.

Dengan penerapan diatas, tentunya wajah anda akan terbebas dari minyak berlebih, jerawat membandel, dan juga maslah kulit terkait dengan pengelupasan, flek hitam atau tanda-tanda penuaan lainnya. Jadi buat apa menggunakan kosmetik berbahan kimia jika yang alami saja bisa anda buat sendiri? Ayo lestarikan resep turun-temurun penggunaan tanaman obat di lingkungan sekitar kita.


Nah, demikianlah sedikit ulasan yang bisa kami sajikan tentang Tuntaskan Jerawat Pada Wajah Dengan Mengkudu. Semoga bisa membantu dan menambah sedikit referensi bagi anda yang ingin tahu lebih banyak tentang informasi tentang mengkudu. Jangan lupa baca artikel kami yang lain ya...!!! Terima kasih!
Artikel Selanjutnya Next Post
Artikel Sebelumnya Previous Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *